CRAFTING OUR FUTURE

LAPORAN KEBERLANJUTAN 2019

‘Crafting Our Future’ menjadi kelanjutan komitmen PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia untuk meneruskan langkah nyata dalam berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan. Pertamina telah mengambil bagian dalam merenda berbagai kegiatan terkait green energy, green refinery, implementasi Biosolar B30, serta penyelesaian proses integrasi Proyek Langit Biru Cilacap dengan Refinery Unit IV Cilacap. Semua ini dilakukan untuk sebuah ‘masa depan’. Masa depan yang akan kita siapkan bagi generasi yang akan datang, yang perlu kita bangun bersama melalui keseimbangan antara aspek ekonomi, lingkungan dan sosial.

LAPORAN DIREKSI

Nicke Widyawati

DIREKTUR UTAMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Para pemangku kepentingan yang terhormat,

Terima kasih telah membaca Laporan Keberlanjutan 2019 PT Pertamina (Persero). Puji dan syukur kita panjatkan bersama ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatNya, Pertamina dapat melalui tahun 2019 yang penuh dinamika serta melaksanakan komitmen menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan pada seluruh kegiatan operasi dan usaha yang dijalankan. Melalui Laporan ini, kami ingin menyampaikan kinerja keberlanjutan Pertamina sepanjang tahun 2019, dan upaya kami untuk menciptakan nilai dari setiap kegiatan operasi dan usaha yang dijalankan. Tema Laporan Keberlanjutan 2019 adalah Crafting Our Future. Tema ini dipilih sejalan dengan upaya kami terus merajut masa depan Pertamina mewujudkan visi sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia.

IKHTISAR KINERJA KEBERLANJUTAN

  ASPEK EKONOMI

   Pencapaian Kinerja Ekonomi

  ASPEK LINGKUNGAN

   Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

  ASPEK SOSIAL

   Pencapaian Kinerja Sosial
   Realisasi Biaya Program CSR

KINERJA EKONOMI

Dividen Dan Pajak

Pembayaran Dividen

RUPS tanggal 31 Mei 2019 memutuskan kewajiban Pertamina membayar dividen atas kinerja tahun buku 2018 sebesar Rp7,95 triliun dengan ketentuan dividend payout ratio 22%. Kewajiban tersebut telah disetorkan kepada Pemerintah sebagai Pemegang Saham Perseroan. Demikian pula dengan dividen untuk tahun buku sebelulmnya telah disetorkan kepada Pemerintah.

Kebijakan dividen kepada Pemerintah mengacu kepada keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan pendanaan pengembangan Perseroan. 

Pembayaran Pajak

Pembayaran Pajak

Kami berkomitmen membayarkan pajak kepada Pemerintah tepat waktu. Secara keseluruhan, pajak yang dibayarkan Pertamina terdiri dari PPh Potong/Pungut, Pajak Dibayar Di Muka, PPN Keluaran, cukai/bea masuk, dan Pajak Daerah. Sampai dengan transaksi bulan Desember 2019, jumlah pajak yang dibayarkan Perseroan mencapai Rp80,85 triliun, naik 0,66% dibanding tahun 2018 sebesar Rp80,32 triliun.

75.9%

2017

80.3%

2018

80.8%

2019

  Produksi Minyak dan Gas Harian Tahun 2019

  Produksi Minyak dan Gas Tahun 2019

Produksi Panas Bumi (GWh)

Tambahan Cadangan Migas Terbukti (P1) (MMBOE)

Realisasi Kinerja Operasi Kilang Tahun2019

KINERJA PENGOLAHAN LINGKUNGAN

  Pencapaian Peringkat Proper

  Material Utama Digunakan Dalam Kegiatan Produksi Migas dan Panas Bumi

KINERJA SOSIAL

© Copyright PT Pertamina(Persero) 2020. All Rights Reserved.